Rabu, 30 November 2011

PENTINGNYA ETIKA DALAM BERBISNIS

Pentingnya Etika dalam Dunia Bisnis
Perubahan perdagangan dunia menuntut segera dibenahinya etika bisnis agar tatanan ekonomi dunia semakin membaik. Langkah apa yang harus ditempuh?. Didalam bisnis tidak jarang berlaku konsep tujuan menghalalkan segala cara. Bahkan tindakan yang berbau kriminal pun ditempuh demi pencapaian suatu tujuan. Kalau sudah demikian, pengusaha yang menjadi pengerak motor perekonomian akan berubah menjadi binatang ekonomi. Terjadinya perbuatan tercela dalam dunia bisnis tampaknya tidak menampakan kecenderungan tetapi sebaliknya, makin hari semakin meningkat. Tindakan mark up, ingkar janji, tidak mengindahkan kepentingan masyarakat, tidak memperhatikan sumber daya alam maupun tindakan kolusi dan suap merupakan segelintir contoh pengabaian para pengusaha terhadap etika bisnis.
Sebagai bagian dari masyarakat, tentu bisnis tunduk pada norma-norma yang ada pada masyarakat. Tata hubungan bisnis dan masyarakat yang tidak bias dipisahkan itu membawa serta etika-etika tertentu dalam kegiatan bisnisnya, baik etika itu antara sesama pelaku bisnis maupun etika bisnis terhadap masyarakat dalam hubungan langsung maupun tidak langsung.
Dengan memetakan pola hubungan dalam bisnis seperti itu dapat dilihat bahwa prinsip-prinsip etika bisnis terwujud dalam satu pola hubungan yang bersifat interaktif. Hubungan ini tidak hanya dalam satu negara, tetapi meliputi berbagai negara yang terintegrasi dalam hubungan perdagangan dunia yang nuansanya kini telah berubah. Perubahan nuansa perkembangan dunia itu menuntut segera dibenahinya etika bisnis. Pasalnya, kondisi hukum yang melingkupi dunia usaha terlalu jauh tertinggal dari pertumbuhan serta perkembangan dibidang ekonomi.
Jalinan hubungan usaha dengan pihak-pihak lain yang terkait begitu kompleks. Akibatnya, ketika dunia usaha melaju pesat, ada pihak-pihak yang tertinggal dan dirugikan, karena peranti hukum dan aturan main dunia usaha belum mendapatkan perhatian yang seimbang. Salah satu contoh yang selanjutnya menjadi masalah bagi pemerintah dan dunia usaha adalah masih adanya pelanggaran terhadap upah buruh. Hal lni menyebabkan beberapa produk nasional terkena batasan di pasar internasional. Contoh lain adalah produk-produk hasil hutan yang mendapat protes keras karena pengusaha Indonesia dinilai tidak memperhatikan kelangsungan sumber alam yang sangat berharga.
Perilaku etik penting diperlukan untuk mencapai sukses jangka panjang dalam sebuah bisnis. Pentingnya etika bisnis tersebut berlaku untuk kedua perspektif, baik
lingkup makro maupun mikro, yang akan dijelaskan sebagai berikut:
1. Perspektif Makro. Pertumbuhan suatu negara tergantung pada market
system yang berperan lebih efektif dan efisien daripada command system dalam
mengalokasikan barang dan jasa. Beberapa kondisi yang diperlukan market system untuk dapat efektif, yaitu: (a) Hak memiliki dan mengelola properti swasta; (b) Kebebasan memilih dalam perdagangan barang dan jasa; dan (c) Ketersediaan informasi yang akurat berkaitan dengan barang dan jasa Jika salah satu subsistem dalam market system melakukan perilaku yang tidak etis, maka hal ini akan mempengaruhi keseimbangan sistem dan menghambat pertumbuhan sistem secara makro.
Pengaruh dari perilaku tidak etik pada perspektif bisnis makro :
a. Penyogokan atau suap. Hal ini akan mengakibatkan berkurangnya kebebasan
memilih dengan cara mempengaruhi pengambil keputusan.
b. Coercive act. Mengurangi kompetisi yang efektif antara pelaku bisnis dengan
ancaman atau memaksa untuk tidak berhubungan dengan pihak lain dalam bisnis.
c. Deceptive information
d. Pecurian dan penggelapan
e. Unfair discrimination.
2. Perspektif Bisnis Mikro. Dalam Iingkup ini perilaku etik identik dengan
kepercayaan atau trust. Dalam Iingkup mikro terdapat rantai relasi di mana supplier, perusahaan, konsumen, karyawan saling berhubungan kegiatan bisnis yang akan berpengaruh pada Iingkup makro. Tiap mata rantai penting dampaknya untuk selalu menjaga etika, sehingga kepercayaan yang mendasari hubungan bisnis dapat terjaga dengan baik. Standar moral merupakan tolok ukur etika bisnis. Dimensi etik merupakan dasar kajian dalam pengambilan keputusan. Etika bisnis cenderung berfokus pada etika terapan daripada etika normatif. Dua prinsip yang dapat digunakan sebagai acuan dimensi etik dalam pengambilan keputusan, yaitu: (1) Prinsip konsekuensi (Principle of Consequentialist) adalah konsep etika yang berfokus pada konsekuensi pengambilan keputusan. Artinya keputusan dinilai etik atau tidak berdasarkan konsekuensi (dampak) keputusan tersebut; (2) Prinsip tidak konsekuensi (Principle of Nonconsequentialist) adalah terdiri dari rangkaian peraturan yang digunakan sebagai petunjuk/panduan pengambilan keputusan etik dan berdasarkan alas an bukan akibat, antara lain: (a) Prinsip Hak, yaitu menjamin hak asasi manusia yang berhubungan dengan kewajiban untuk tidak saling melanggar hak orang lain; (b) Prinsip Keadilan, yaitu keadilan yang biasanya terkait dengan isu hak, kejujuran, dan kesamaan. Prinsip keadilan dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu: (1) Keadilan distributive, yaitu keadilan yang sifatnya menyeimbangkan alokasi benefit dan beban antar anggota kelompok sesuai dengan kontribusi tenaga dan pikirannya terhadap benefit. Benefit terdiri dari pendapatan, pekerjaan, kesejahteraan, pendidikan dan waktu luang. Beban terdiri dari tugas kerja, pajak dan kewajiban social; (2) Keadilan retributive, yaitu keadilan yang terkait dengan retribution (ganti rugi) dan hukuman atas kesalahan tindakan. Seseorang bertanggungjawab atas konsekuensi negatif atas tindakan yang dilakukan kecuali tindakan tersebut dilakukan atas paksaan pihak lain; dan (3) Keadilan kompensatoris, yaitu keadilan yang terkait dengan kompensasi bagi pihak yang dirugikan. Kompensasi yang diterima dapat berupa perlakuan medis, pelayanan dan barang penebus kerugian. Masalah terjadi apabila kompensasi tidak dapat menebus kerugian, misalnya kehilangan nyawa manusia.
Apabila moral merupakan suatu pendorong orang untuk melakukan kebaikan, maka etika bertindak sebagai rambu-rambu (sign) yang merupakan kesepakatan secara rela dari semua anggota suatu kelompok. Dunia bisnis yang bermoral akan mampu mengembangkan etika (patokan/rambu-rambu) yang menjamin kegiatan bisnis yang seimbang, selaras, dan serasi. Etika sebagai rambu-rambu dalam suatu kelompok masyarakat akan dapat membimbing dan mengingatkan anggotanya kepada suatu tindakan yang terpuji (good conduct) yang harus selalu dipatuhi dan dilaksanakan. Etika di dalam bisnis sudah tentu harus disepakati oleh orang-orang yang berada dalam kelompok bisnis serta kelompok yang terkait lainnya. Tentu dalam hal ini, untuk mewujudkan etika dalam berbisnis perlu pembicaraan yang transparan antara semua pihak, baik pengusaha, pemerintah, masyarakat maupun bangsa lain agar jangan hanya satu pihak saja yang menjalankan etika sementara pihak lain berpijak kepada apa yang mereka inginkan. Artinya kalau ada pihak terkait yang tidak mengetahui dan menyetujui adanya moral dan etika, jelas apa yang disepakati oleh kalangan bisnis tadi tidak akan pernah bisa diwujudkan. Jadi, jelas untuk menghasilkan suatu etika didalam berbisnis yang menjamin adanya kepedulian antara satu pihak dan pihak lain tidak perlu pembicaraan yang bersifat global yang mengarah kepada suatu aturan yang tidak merugikan siapapun dalam perekonomian.
Diposkan oleh nurmadwidarmayanti  06:45 http://img2.blogblog.com/img/icon18_edit_allbkg.gif




9 MANFAAT KAWAN MEMPUNYAI WEB PASANG IKLAN BARIS ONLINE



Kawan, saat ini web iklan baris online terutama yang ada di Indonesia semakin menjamur saja. Coba Anda browsing ke sana kemari pasti Anda menjumpai web iklan baris tersebut. Sudah bukan rahasia jika membuat web iklan baris sekarang ini sangatlah mudah, bahkan engine blog pun bisa digunakan sebagai web iklan baris, ambil contoh WordPress dan Blogspot.
Di luar itu, mempunyai web iklan baris online itu banyak manfaatnya lho, apalagi jika bisa Anda manfaatkan menjadi lahan bisnis. Anda bisa mendapat pemasukan dari pemasang iklan dengan tarif yang bisa Anda tentukan apalagi jika web iklan baris Anda ramai.
Sebagai contoh mengenai potensi bisnis periklanan ini bisa Anda lihat di
portal berita Detik.Com.
Tahukah Anda, berapa tarif pasang iklan di sana ?
Terakhir saya lihat antara 50-200 Juta rupiah/ Bulannya, Wow…Tergantung slot yang mana yang dipilih.  Saat saya cek terakhir tepatnya ketika posting ini saya buat sepertinya sudah tidak diperlihatkan lagi tarifnya.
Namun ada satu hal yang perlu kita catat bahwa peluang bisnis !!! periklanan di internet sangatlah menjanjikan. Kalaupun belum bisa seperti Detik.Com, paling tidak kita bisa membuat dalam skala kecil yang kemudian bisa kita gandakan dengan membuat yang serupa.

Berikut ini beberapa manfaat mempunyai web pasang iklan baris online ?

1.    Dapat keuntungan langsung darinya,
artinya jika ada pemasang iklan kita dapat profit. Anda bisa dengan bebas memasang tarif sesuai spesifikasi space yang diminta klien Anda.

2.    Sebagai sumber backlink,
web-web iklan baris sangat ramah dengan mesin pencari karena kontennya selalu up to date, mendapatkan backlink darinya akan sangat membantu meningkatkan rangking web Anda. Apalagi web iklan baris tersebut mempunyai Rate yang tinggi.

3.    Sebagai pintu rejeki ke web Anda yang lain,
artinya jika Anda mempunyai web lain Anda bisa manfaatkan web iklan baris tersebut sebagai pintu masuknya trafik ke web Anda yang lain.

4.    Untuk promosi produk sendiri,
selain Anda menawarkan space ke pemasang iklan, manfaat lain yang bisa Anda peroleh adalah Anda bisa gunakan untuk mempromosikan produk Anda, baik itu produk affiliate atau produk buatan Anda sendiri langsung.

5.    Tidak capek mengupdate konten,
jika Anda selama ini capek mengurus blog Anda karena harus mengupdatenya, maka dengan mempunyai web iklan baris semuanya bisa berjalan otomatis karena memang yang mengisi konten adalah pemasang iklan sendiri. Biasanya web iklan seperti ini lebih familiar disebut web iklan gratis. Meskipun gratis, untuk mendapatkan fitur lebih, Anda bisa pasang iklan premium.

6.    Hemat budget promosi,
memang punya web iklan sendiri tentu bisa menghemat biaya promosi bisnis Anda.

7.    Sebagai dummy dan link exchange,
selain untuk dummy yang bisa menambah kekuatan backlink, Anda bisa gunakan sebagai tempat link exchange dari web utama Anda. Jadinya nanti tidak akan menjadi 1 arah yang nilainya rendah tapi bisa berbagai arah.



8.    Sebagai investasi jangka panjang,
semakin lama usia web iklan baris Anda, biasanya akan semakin banyak pula trafik yang akan Anda dapatkan yang berarti potensi untuk pemasang iklan dan larisnya produk anda semakin besar karena memang yang mengisi konten adalah pemasang iklan yang notabennya menambah perbendarahaan kata di database search engine seperti yang pernah saya tulis di cara meramaikan web/blog tanpa harus promosi.

9.    Sebagai branding (kepercayaan),
Anda mempunyai web iklan baris yang tidak hanya ramai tapi juga UNIK lain dari yang lain, itu bisa menjadi branding yang bagus buat mengningkatkan pembelian, entah itu dengan memasang foto profil Anda atau langsung ke merk web iklan baris online Anda.

 ternyata memang enak punya web iklan baris online. kalau kawan tahu manfaat dan bisa memaksimalkannya. Kalau Anda terkendala dengan hostingnya karena harus sewa dedicated, sebenarnya ada solusinya kok, seperti yang saya lakukan dengan  web iklan baris saya di LayananIklan.Com dan PasangIklanGratis.Web.Id.
Walaupun keduanya tidak menggunakan dedicated server, sampai saat ini web itu masih eksis.
Pingin tahu rahasianya ? Kalau Anda member Cafe WordPress, mungkin Anda sudah tahu, kalaupun belum akan sedikit saya ulas. Web tersebut beda dengan web iklan baris lainnya karena selain menggunakan engine blog tapi bukan menggunakan THEMES seperti pada umumnya, melainkan menggunalan PLUGIN yang tinggal diupload lalu aktifkan.
Fitur hebatnya plugin ini membutuhkan aktifasi begitu pengiklan mengirimkan data iklannya, sehingga iklan yang masuk ke database kita itu murni dari manusia dan bukan program atau software seperti iklan massal yang hanya memberatkan server. Dengan begini meskipun Anda pakai shared hosting akan tetap ringan.


BOLEH COPAS KAWAN ASAL….



Dear Kawan…
Banyaknya keluhan-keluhan yang datang dari para penulis artikel online, ebook, dan para web master membuat saya sedikit tergelitik untuk menulis artikel ini. Siapa sih yang nggak risih atau mungkin bahkan “marah”, kalau  rtikel yang kita buat susah-susah, capek-capek lalu kemudian dicopas (copy paste) oleh orang lain begitu saja tanpa mau menyebutkan sumber aslinya.
Apalagi artikel tersebut adalah artikel online yang memungkinkan siapa saja melakukan plagiat tanpa harus susah payah. Tinggal klik kanan, maka jadi. Tentu saja kalau hal ini dibiarkan terus menerus akan merugikan si penulis dan juga mereka yang memiliki hak sebagai orang yang memiliki hak cipta atas tulisan tersebut.
Sebenarnya konsep copas alias copy paste bukanlah hal yang tidak diperbolehkan kalau itu masih dalam batas aturan-aturannya. Jadi untuk Anda yang memang ingin mengcopas suatu artikel atau ebook entah karena belum bisa menulis, sibuk dengan urusan lain, atau memang nggak mau ribet dengan menulis, sebenarnya Anda tetap bisa menggunakan metode copas ini, asalkan…..

==> Anda menyebutkan sumber aslinya
Ya, sebagai orang yang telah bersusah payah menulis artikel tersebut, kita patut memberikannya kredit. Beberapa yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan dia kredit backlink ke sumber aslinya, memberikan feed ke blog yang bersangkutan, atau kalau aturan diperbolehkan copasnya tidak terlalu ketat, Anda cukup memberikan keterangan sumber di bagian bawah tulisan tersebut, semacam footnote.

“Penting !
Cara copy paste (copas) di atas bisa Anda lakukan, tatkala penulis memang benar-benar membolehkan artikel tersebut dicopas dan tidak berlaku pada mereka yang tidak tidak memperbolehkan mengcopy paste apalagi sampai menjualnya”.

==> Boleh tidak perlu menyebutkan sumber asal ada izin dari penulis
Kalau yang ini sebenarnya tergantung dari kebaikan hati sang panulis dan mungkin agak sedikit jarang ketimbang mereka yang tidak suka dicopas, tapi tetap saja ada lho..Mungkin karena ada kepentingan tersendiri dan faktor independensi lain, kita diperbolehkan melakukan copas tanpa harus menyebutkan sumber asalnya.
Ya, sebenernya urusan tidak dan diperbolehkannya copas mengcopas ini tak jauh-jauh dari penulis itu sendiri, masalah orang bilang apa kan itu lain lagi. Untuk itulah, sebaiknya jika Anda memang ingin melakukan copas atau bahkan pelanggan copas suatu blog tertentu, alangkah baiknya jika Anda langsung bernegoisasi dengan yang bersangkutan.

Sebaliknya, bagi penulis sendiri sebenarnya bukan tidak diuntungkan sama sekali ketika kita membuat artikel lalu dicopas orang, bahkan bisa sangat menguntungkan.
 Dengan catatan, si tukang copas menyebutkan sumber asli atau memberikan kredit link. Saran saya, kalau ada orang yang copas artikel Anda bilang saja boleh copas asal memberikan sumber asal berupa kredit backlink.
Tuh kan, malahan untung berlipat-lipat, di antaranya:
1.    Nama Anda menjadi populer, tentu ini sangat penting dalam usaha kita membangun branding di bisnis internet.
2.     Kita mendapat backlink gratis, sangat berguna untuk SEO ( Search Enggine
 Optimalized ).
3.     Artikel kita menjadi populer, bahkan sangat mungkin terjadinya duplikasi jika ada orang
 lain yang mengcopas dari yang pertama tadi.
4.     Bahkan sebagian mereka yang asal copas kadang mereka tidak tahu kalau di artikel
 online kita tertanam banyak link yang tentu sangat berpengaruh membantu artikel kita
 yang lain.


JURUS MARKETING DAHSYAT, MENGUNGKAP RAHASIA DIBALIK PRODUK GRATISAN


 Kawan sudah bukan rahasia bahwa watak dasar manusia selalu menginginkan yang mudah-mudah atau sesuatu yang bersifat gratis. Anda mungkin sudah seringkali menjumpai di internet produk-produk yang diberikan secara cuma-cuma alias gratis, entah itu berbentuk ebook gratis, hosting gratis, domain gratis, video gratis dan sebagainya. Semua itu bukan tidak ada maksud dan tujuannya.

Justru bagi para internet marketer itu dijadikan sebagai sebuah jurus marketing yang sangat dahsyat, jurus ini sebenarnya bisa dibilang mangadopsi marketing NARKOBA. Eiiiitss...  jangan berfikir yang neko-neko ya, bukan maksud saya Anda saya minta menggunakan barang haram itu, tapi lebih kepada melihat sisi positif marketing dalam bisnis narkoba
 (eits, jangan berfikir juga kalau saya memakainya, amit-amit deh !)  yaitu memberikan secara cuma-cuma diawal lalu karena ketagihan di tahap kedua diminta membayarnya.

Demikian dengan apa yang dilakukan para internet marketer dengan memberikan produk produk gratisan tersebut mereka memberikan sesuatu lalu kemudian mereka mendapatkan dari apa yang telah mereka berikan. Sebenarnya konsep-konsep seperti ini sejalan dengan hukum sebab akibat yang ada di dunia ini, siapa yang banyak memberi pasti ia akan banyak pula menerima.

Ada beberapa konsep dasar dari jurus marketing memberikan produk-produk gratisan seperti ini, di antaranya:
1. Sebagai presell.
2. Menumbuhkan kepercayaan.
3. Membangun minat agar membeli yang lebih.

Sebagai contoh, siapa yang tak kenal Google, mesin pencari yang saat ini boleh dibilang terbesar dan mendominasi pasar search engine. Dibalik produk-produk gratisan yang mereka berikan seperti email Gmailengine blog dengan Blogspot-nyasearch engine itu sendiri, dll. Google ternyata mempunya bisnis yang sangat besar dengan sokongan  produk-produk gratis tersebut, yaitu bisnis hebat periklanan mereka PPC Adwords marketing.

Contoh lain, lihatlah WordPress, engine blog yang bersifat open source ini telah banyak membantu Blogger dan Internet Marketer dalam membantu segala kebutuhannya. WordPress tidak mengambil uang sepersenpun dari apa yang telah mereka berikan, tapi toh mereka mendapat banyak keuntungan dari hosting yang mereka jual lewat BlueHost.Com. Tentunya, ketika mereka menggunakan WordPress yang khusus bisnis, maka BlueHost.Com
bisa jadi pilihan untuk itu.

Atau ambil contoh kecil ebook gratis yang banyak disebar Marketer di internet, mereka memberikan nilai apa yang ada ditulis di dalamnya, tapi di lain pihak mereka juga menjual dengan menyelipkan alamat link bisnis mereka. Ketika mereka menulis, itu sebenarnya mereka juga ingin membangun kepercayaan, sehingga ketika kepercayaan itu sudah tumbuh, akan lebih mudah penulis itu melakukan penjualan.

Lalu apa yang bisa kita petik dari jurus marketing dahsyat di atas dengan produk
gratisan ?

Tentu saja kita bisa meniru konsep di atas untuk bisnis internet kita. Anda bisa mulai membuat produk-produk gratisan yang sesuai dengan niche market bisnis Anda. Yang perlu diperhatikan adalah ketika Anda membuat produk gratisan, berikanlah yang terbaik (berkualitas) dan bukan ala kadarnya. Sebab produk-produk  gratisan tersebut merupakan cermin dan gerbang dari produk yang Anda jual sebenarnya.

Lihatlah apa yang telah diberikan Google dan WordPress, walaupun gratis, semua yang diberikannya mempunyai NILAI yang tinggi dan bermanfaat bagi penggunanya. Anda bisa membuat produk-produk gratisan seperti ebook gratis, ezine mingguan, dan semua jenis produk gratis yang topiknya sesuai dengan bidang bisnis Anda.
Selamat mencoba,

ETIKA BERBISNIS INTERNET KAWAN !!

Kemudahan serta kebebasan dalam memasarkan bisnis via internet menjadikan bisnis ini banyak di gemari oleh semua orang. Bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja walau tanpa harus bertatap muka membuat para internet marketer seolah-olah bisa melakukan apa saja yang mereka mau.Siapa yang tidak mau beralih profesi dari pebisnis konvensional menjadi pebisnis internet  Tapi siapa sangka dibalik kemudahan dan kebebasannya banyak orang menyalahgunakan teknologi yang satu ini. Hal ini terlihat dari banyaknya situs-situs yang melakukan SCAM (penipuan online), pemerasan tanpa disadari, dan semua bentuk kejahatan yang dilakukan di dunia maya.
Salah satu yang menjadi penyebabnya adalah mereka meninggalkan yang namanya ETIKA BISNIS KAWAN.
Dalam menjalankan bisnis internet, etika merupakan kunci yang harus tetap dijaga walau tidak bertemu orang secara langsung, ini demi menjaga hubungan yang baik antara penjual dan pembeli sehingga internet marketing yang kita lakukan akan berjalan awet tanpa merasa dirugikan antara pihak satu dengan yang lain.
Berikut beberpa point penting etika yang harus dimiliki oleh pebisnis Internet:

# Jujur
Kejujuran merupakan sikap yang harus di punyai oleh setiap pebisnis internet. Siapapun tahu kalu di UU negara dan agama sangat menjunjung tinggi yang namanya kejujuran.
Jujur dalam bisnis internet bisa meliputi apa saja yang disampaikan, sebab selama ini banyak pengaduan-pengaduan yang menyatakan banyaknya penjual ebook yang hanya menjual mimpi setinggi langit tapi konten yang diberikan tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan.
Tentu saja ini membuat konsumen kecewa dan berang yang pada akhirnya hanya merugikan penjual ebook itu sendiri karena pembeli yang merasa tertipu.
Atau jika sebagai pemasar (affiliate) tidak mengada-ngada ketika merekomendasikan suatu produk yang bisa menjerumuskan orang terhadap info yang diberikan. Jika sikap jujur ini telah benar-benar dilaksanakan, maka akan tumbuh yang namanya sikap saling percaya dan tentu saja akan menguntungkan semua pihak, bahkan lawanpun menjadi kawan.

# Tanggung Jawab
Sebagai pengelola maupun pemilik jasa suatu layanan, tanggung jawab merupakan sikap yang wajib dimiliki. Karena ini menyangkut kredibilitas juga melibatkan kepuasan konsumen.
Semakin kita cepat dan tanggap dalam memberi respon yang diadukan pelanggan semakin konsumen merasa puas dengan service yang kita berikan.
Jika pelanggan telah puas dengan layanan yang kita berikan, mereka akan berbicara kesana-kemari dan merekomendasikan produk maupun jasa kita, dan pada akhirnya sikap tanggung jawab tersebut akan menguntungkan pada diri kita sendiri sebagai pengelola.

# Sabar
Kadangkala sesuatu yang kita inginkan belum tercapai, kita keburu berbuat tindakan penyelewengan (nekat) yang melanggar aturan. Contoh kecil jika kita mengikuti progam bisnis gratis PPC (pay per click), karena tidak kunjung mendapatkan trafik dan minimnya orang yang mengklik iklan yang kita sediakan, iklan tersebut malah kita klik sendiri.
Selain merugikan orang lain lain juga merugikan diri kita sendiri, karena account akan dibanned dan kita sebagai publisher dikeluarkan dari program tersebut
Memang tidak mudah menjadi pebisnis internet, dibutuhkan sikap sabar dan ketekunan dalam menghadapi situasi sesulit apapun,  karena apapun bentuk suatu pekerjaan jika tidak dilandasi sikap sabar maka niscaya hasilnya tidak akan memuaskan.
Sebuah kalimat kata yang sangat menarik, ” Kadar kesungguhan seseorang sebanding dengan hasil yang ia dapatkan. Semakin tinggi tingkat usahanya semakin besar hasil yang didapat, sebaliknya semakin rendah usaha seseorang maka hasilnyapun juga akan rendah”




Mungkin cukup 3 point etika bisnis di atas itu dulu, semoga bisa menjadi renungan bersama.

pengertian etika bisnis it

Etika-etika bisnis IT
Etika adalah suatu pemikiran kritis yang mendasar tentang ajaran-ajaran dan pandangan-pandangan moral. Bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (computer) dengan jalur komunikasi
berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video. Maka dapat disimpulkan, etika bisnis dalam IT adalah suatu pemikiran kritis mendasar tentang pandangan moral dalam usaha perdagangan yang dilakukan seseorang atau kelompok organisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan menggunakan teknologi yang menggabungkan komputasi dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video. ada banyak peluang bisnis dalang dunia IT. Dan bisnis tersebut terbagi menjadi beberapa bidang, antara lain :

1.      B-2-B,
  1. Web Hosting,
  2. Web Design,
  3. Business Centre,
  4. Ghraphic Centre,
  5. Music Studios,
  6. The Internet Centres,
  7. Computer Training Centres,
  8. Computer Technicians,
  9. Internet Advertisement,
  10. Internet Tourist Agency,
  11. Internet Traveling Agency,
  12. Internet Employment Services,
  13. Dll.
Dalam menciptakan etika bisnis khususnya dibidang IT, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu :
  1. Pengendalian diri,
  2. Pengembangan tanggung jawab sosial,
  3. Mempertahankan jati diri dan tidak mudah untuk terombang-ambing oleh pesatnya perkembangan informasi dan teknologi,
  4. Menciptakan persaingan yang sehat,
  5. Menerapkan konsep “pembangunan berkelanjutan”
  6. Menghindari sifat 5K (Katabelece, Kongkalikong, Koneksi, Kolusi dan Komisi),
  7. Mampu menyatakan yang benar itu benar (masak sih seorang bisnisman plinplan),
  8. Menumbuhkan sikap saling percaya antara golongan pengusaha kuat dangolongan pengusaha kebawah,
  9. Konsekuen dan konsisten dengan aturan main yang telah disepakati bersama
  10. Menumbuhkembangkan kesadaran dan rasa memiliki terhadap apa yangtelah disepakati, dan
  11. Perlu adanya sebagian etika bisnis yang dituangkan dalam suatu hukumpositif yang berupa peraturan perundang-undangan.
Seiring kemajuan teknologi yang sangat cepat pada kehidupan manusia, pengguna teknologi juga harus memahami betul pentingnya etika dalam teknologi informasi. Dan adapun alasan mengapa pentingnya etika bisnis dalam teknologi informasi adalah sebagai berikut:
  1. Bahwa pengguna teknologi informasi berasal dari berbagai negara yang mungkin memiliki budaya, bahasa dan adat istiadat yang berbeda-beda,
  2. Pengguna teknologi informasi merupakan orang–orang yang hidup dalam dunia anonymouse, yang tidak mengharuskan pernyataan identitas asli dalam berinteraksi,
  3. Berbagai macam fasilitas yang diberikan dalam kemajuan teknologi informasi memungkinkan seseorang untuk bertindak etis seperti misalnya ada juga pengguna yang suka iseng dengan melakukan hal–hal yang tidak seharusnya dilakukan, dan
  4. Harus diperhatikan bahwa pengguna teknologi informasi akan selalu bertambah setiap saat dan memungkinkan masuknya “penghuni” baru.
Teknologi kini juga menjadi sarana dalam dunia bisnis yang sangat menguntungkan. seiring itu juga banyak tantangan yang harus dihadapi pelaku bisnis dalam dunia IT. Yang merupakan tantangan pelaksanaan etika dalam dunia usaha bisnis teknologi informasi, yaitu :
  1. Tantangan inovasi dan perubahan yang cepat. Mengingat perubahan yang begitu cepat dalam bidang teknologi informasi, sering kali perubahan yang terjadi memberikan “tekanan” bagi masyarakat atau perusahaan untuk mengikuti perubahan tersebut,
  2. Tantangan pasar dan pemasaran di era globalisasi. Globalisasi menciptakan apa yang disebut lingkungan verikal di mana setiap perusahaan diibaratkan sebagai pemain yang harus bertanding di atas tanah yang terus bergoyang,
  3. Tantangan pergaulan internasional. Sering terjadi bahwa perusahaan internasional mengambil tindakan yang tak dapat diterima secara lokal di suatu Negara,
  4. Tantangan pengembangan sikap dan tanggung jawab pribadi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi cepat, memberikan tantangan penegakan nilai – nilai etika dan moral setiap individu guna mengendalikan kemajuan dan penerapan teknologi tersebut bagi kemanusiaan,
  5. Tantangan pengembangan sumber daya manusia sebuah institusi bisnis, tidak hanya memiliki uang untuk kepentingan bisnis, tetapi juga sumber daya manusia yang berguna bagi pengembangan bisnis tersebut.
 desylumbangaol  11/12/2010
http://batikkubudayaku.blogspot.com/2010/11/etika-etika-bisnis-it.html